Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Smartphone OPPO A92

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli OPPO A92

Sebelum membeli Handphone OPPO A92 – Halo Sobat ulasmedia, sebelumnya mimin pernah memberikan perbandingan smartphone oppo A92 dan Oppo A9 2020. Nah, pada kesempatan kali ini, mimin akan mengulas lagi lebih dalam hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli OPPO A92.

Ya, bisa dibilang, ini adalah smartphone OPPO seri-A tertinggi yang ada di pasaran untuk saat ini. Hal ini karena, ketika mendengar nama ‘OPPO seri-A’ biasanya yang ada di benak kita itu smartphone entry-levelnya OPPO yang levelnya tentu saja masih di bawahnya OPPO Reno-series termasuk OPPO A92 ini, yang secara harga memang masih dibanderol lebih murah dari OPPO Reno-series tapi, smartphone ini cukup banyak mengusung desain dan spesifikasi yang terbilang premium di kelasnya. Lalu, apa saja sih yang menarik dari smartphone ini? Nah, daripada semakin penasaran, berikut ini adalah pendapat kami tentang OPPO A92.

PERFORMA DESAIN SMARTPHONE OPPO A92

Pertama kali memegang bodinya, jujur saja nih smartphone ini bodinya bongsor sekali! Layarnya itu sendiri mempunyai ukuran 6.5inch Full HD yang sekarang sudah tidak saling tabrak dengan poni lagi. Hal ini karena kamera depannya sekarang sudah menyatu dengan layar.  Mereka sih menyebutnya ‘Neo Display‘ jadi, rasio layar terhadap bodinya sekarang semakin besar dan terasa lebih lega saja untuk menikmati konten-konten multimedia. Layarnya ini juga tidak menang besar saja ya tone warnanya itu enak sekali untuk dilihat dan dipakai di bawah terik matahari pun tampilan layarnya masih kelihatan dengan sangat jelas. Nah, bagian yang lebih terasa di masa-masa harus di rumah saja seperti sekarang ini smartphone ini lebih sering saya pakai untuk menonton Netflix sih karena layarnya besar, lalu rasio layarnya juga pas dipakai menonton film-film cinematic yang biasanya memanjang dan OPPO A92 ini sendiri juga sudah dibekali dengan sertifikasi Widevine L1 jadi, bisa untuk menonton Netflix dengan resolusi yang full.

Oh ya, ada 1 lagi nih yang membuat saya semakin betah di rumah saja dengan smartphone ini ya, jadi OPPO A92 ini speaker-nya sudah stereo tepatnya ada di sisi bawah dan sisi atas layar ini. Jadi, menonton film di sini itu serasa seperti menonton di bioskop atau memakai speaker eksternal, karena ya audio-nya itu “menendang” sekali keluar di sisi bawah dan sisi atas ini. Sekarang ‘kan zamannya mendengarkan musik, podcast atau menonton film itu supaya lebih greget itu memakai earphone TWS (True Wireless Stereo). Nah, OPPO baru-baru ini juga mengeluarkan earphone TWS terbarunya yang dinamakan OPPO Enco W31. Bentuknya sangat ringkas. Seperti tempat bedak dan sudah waterproof juga.  Katanya sih kalau menyambungkan earphone TWS ini ke smartphone OPPO yang sudah pakai ColorOS 7 terbaru seperti pada OPPO A92 ini latency-nya minim sekali sih jadi ya, sekalian saja saya coba untuk mendengarkan musik menonton film sampai bermain game di sini. Dan ternyata.. memang benar!  Audio-nya itu terdengar sangat smooth, stabil dan tidak terasa ada jeda.

Baca Juga >>  Rekomendasi HP Android Harga Kurang Dari 4 Juta Terbaik 2020

Baterai-nya juga lumayan awet. Bisa digeber sekitar 3.5 jam untuk mendengarkan musik dalam sekali isi ulang daya atau sekitar 15 jam dengan charging case-nya. Nah, meski ukurannya bongsor, tapi desain OPPO A92 ini cukup pamerable loh!  Sebut saja desain kamera belakangnya yang sekarang mengkotak kekinian. Sensor sidik jarinya juga sekarang tampil berbeda karena sekarang ada di samping dan menyatu dengan tombol powernya. Jadi, menekan tombol power itu sudah sekalian dengan unlock smartphone. BTW, untuk kecepatan unlock smartphone lumayan kencang ya ini karena penempatan sensor sidik jari di samping ini sudah cukup pas dengan jempol ketika kita sedang memegang smartphone itu.

PERFORMA KAMERA SMARTPHONE OPPO A92

OPPO A92 ini juga sudah dibekali 4 kamera belakang seperti yang saya bilang tadi desain kamera belakangnya itu agak beda dari OPPO seri-A sebelumnya. Jadi, semua kameranya itu mengumpul di satu bumper kotak ya, seperti smartphone kelas menengah zaman now sekali pokoknya. 4 kamera ini sendiri juga punya fungsi yang bermacam-macam ada kamera utama yang bisa mengambil gambar dengan resolusi 48MP. Lalu, ada kamera Ultra-Wide Angle dan 2 sensor kamera pembantu untuk mengambil foto Portrait dan juga Mono yang instagramable.  Kamera 48MP ini lumayan membuat ketagihan untuk foto-foto ini karena warna yang ditangkap itu cukup natural tidak lebay dengan gimmick AI dan hal yang paling terasa sih, kerapatan gambar yang sangat tinggi. Diperbesar sekalipun, detailnya masih kelihatan dengan baik. Nah, dipakai untuk mengambil foto-foto jarak dekat hasil fotonya juga tampak blur di background padahal dijepretnya memakai Mode Auto saja.  Hal ini sih karena bukaan lensanya yang juga lebar yaitu di f/1.7.

Jika dipadukan dengan lensa Ultra-Wide Angle 8MP mengambil foto-foto dengan angle yang lebih luas juga sangat bisa di smartphone ini. Tidak ada distorsi lengkungan yang biasanya menjadi keluhan di beberapa kamera wide. Ya, perpaduan 2 lensa ini sudah sangat cukup membantu saya untuk mengambil foto dengan banyak angle yang tidak membosankan. Dipakai untuk foto-foto di malam hari OPPO A92 ini juga punya Night Mode ya yang bisa mengambil foto tetap kelihatan terang meski harus gelap-gelapan. Tidak cuma sekedar terang saja, tapi Night Mode ini juga menjaga detail dan warna obyek tetap kuat. Ya, meskipun di Mode Auto-nya hasil foto malamnya itu sudah lumayan oke karena bukaan lensanya yang besar tapi saya sangat menyarankan untuk memakai Night Mode yang hasilnya lebih kelihatan lebih terang lagi tanpa sampai merusak detail obyeknya. Jika bicara soal kamera selfie, rasanya smartphone OPPO itu sudah tidak perlu diragukan lagi ya. Hal ini karena sejak pertama kali memakai smartphone OPPO ya jelas fitur ini digarap secara serius sekali termasuk di OPPO A92 yang resolusi kamera depannya ini 16MP besar sekali! Tapi bukan itu saja sih fokus saya malah lebih ke fitur selfie yang diusung seperti misalnya membuat wajah lebih mulus membuat pipi lebih tirus, membuat mata lebih lebar atau ada multi-touch up juga, untuk sekadar tampil bening meski baru bangun tidur.

Baca Juga >>  Spesifikasi dan Harga Oppo Reno Ace2 Eva Ponsel kekinian Unik Desain Anime

Oke, kamera video OPPO A92 yang bisa merekam video dengan resolusi maksimal 4K di 30fps. Ya, di Mode 4K ini tampilannya benar-benar tajam ya karena resolusinya lebih padat pastinya dibandingkan Full HD.  Tapi, ya kalau memakai Mode 4K ini, fitur stabilizer-nya tidak aktif atau mati jadi, akan terasa goyang-goyang juga sih. Untuk fokusnya bagaimana? Fokusnya lumayan cepat ya.  Nah, sementara fitur stabilisasi-nya ini baru aktif kalau kita merekam video dalam resolusi Full HD di 30fps.  Video-nya terlihat jauh lebih stabil dibandingkan Mode 4K tadi tapi ya tetap saja tidak bisa lebih tajam dari video 4K. Untuk fokus-nya sih juga kencang sih ini.  Set!  Cepat juga, ya?!  Nah, kalau ini kamera video dengan kamera depan OPPO A92 yang bisa merekam video dengan resolusi maksimal Full HD 30fps. Untuk angle-nya sudah cukup oke, kanan-kiri ini lumayan luas.  Ya, atas-bawah agak sedikit sempit sih, tapi ya… masih bisa kalau tangan saya dimajukan sedikit seperti ini.  Tapi so far sih sudah oke kamera video untuk kamera depannya.

PERFORMA CHIPSET

Kalau menurut kamu bagaimana? Salah satu elemen yang cukup mempunyai andil kenapa OPPO A92 bisa mengambil foto dengan resolusi super duper besar, 48MP serta merekam video juga bisa sampai 4K. adalah pada prosesornya yang memakai Qualcomm Snapdragon 665. Selama 1 mingguan memakai smartphone ini saya hampir tidak ada keluhan sih dengan performanya. Buka-tutup aplikasi lancar. Pindah-pindah antar aplikasi juga nyaris tidak menemukan lag yaa bagaimana tidak terjadi lag, karena RAM smartphone ini besar sekali yaitu 8GB, benar, RAM-nya 8GB. Selain bisa menampung banyak aplikasi, penyimpanan internal 128GB di smartphone ini juga ternyata sudah memakai format UFS 2.1 di mana proses pembacaan datanya juga sangat cepat. Tidak heran, beberapa aplikasi yang standar sampai game yang berat juga bisa di-eksekusi OPPO A92 ini tanpa perlu ada lemot. Dipakai bermain game tembak-tembakan di PUBG Mobile sampai balapan liar di Asphalt 9 Legends bisa mendapat grafik HD tanpa goyang patah-patah.

Baca Juga >>  Honor 30s Resmi di Rilis Inilah Spesifikasi dan Harganya

Tentu, hardware yang cakep akan terasa lebih maksimal kalau pakai software yang mendukung. Nah, bicara soal software, OPPO A92 ini adalah smartphone OPPO seri-A pertama yang sudah memakai ColorOS 7.1 yang basisnya sudah memakai Android 10. Tentu, software yang baru ini lebih smooth lebih stabil dan sekarang sudah bisa pakai Dark Mode juga untuk tampilan yang lebih sejuk di mata.  Oh ya, bicara soal smartphone OPPO, mereka sekarang punya layanan khusus selama masa di rumah saja ini, layanan itu namanya ‘BetterAtHome’. Jadi, untuk kamu yang mau membeli smartphone OPPO atau mau tanya jawab seputar produk OPPO, sekarang bisa dilakukan di rumah saja lewat chatting via WhatsApp di nomor official-nya OPPO Indonesia. Nah, untuk lebih detailnya, kamu bisa cek linknya di kolom deksripsi di bawah video ini ya. Mau sebagus apapun fiturnya, yang namanya smartphone kalau perlu berkali-kali mencari charger atau tancap power bank ya menyebalkan juga sih.

PERFORMA BATERAI

Nah, lain cerita kalau punya baterai kapasitas jumbo seperti yang ada di OPPO A92 ini. Secara angka, baterai 5000 mAh itu besar sekali ya dan kalau dirata-rata, saya bisa pakai smartphone ini sampai seharian penuh itu pun untuk aktivitas yang relatif intens dengan internet semisal menonton film streaming sampai bermain game online di mana kedua aktivitas itu cukup banyak menguras daya tahan baterai. Jika ditotal-total, screen on time-nya bisa tembus nyaris 10 jam. Baterai kapasitas besar biasanya punya PR di waktu charging-nya oleh karena itu, dibutuhkan charger yang typical fast charging supaya bisa mengisi ulang dayanya dengan cepat. Nah, di OPPO A92 ini juga sudah dibekali charger bawaan yang typical-nya fast charging dengan output 18W. Untuk isi ulang daya dari 10% sampai terisi setengahnya itu cuma butuh waktu 35 menit saja. Totalnya 2.5 jam untuk isi ulang sampai 100% atau benar-benar penuh. Ya, lagi-lagi ini masih termasuk kencang untuk ukuran baterai 5000 mAh.

KESIMPULAN

Well, bisa dibilang kalau OPPO A92 ini adalah paket komplit smartphone kelas menengah yang sekarang ini semakin keras saja persaingannya. Design kekinian, memiliki kamera resolusi tinggi, performa yang smooth untuk mengerjakan banyak hal, serta memiliki baterai kapasitas jumbo untuk menemani kerja sambil menikmati konten-konten multimedia selama seharian penuh juga ada di smartphone ini. Memang, smartphone ini tidak 100% sempurna tapi OPPO A92 ini bisa dibilang ‘serba berkecukupan’ karena entah murah atau mahal, semuanya kembali lagi pada selera, kebutuhan dan yang pasti budjet kamu. Sekian dulu ulasan dari ulasmedia. Semoga bermanfaat untuk semua.

You May Also Like

naila

About the Author: naila

Memasak, belajar dan membaca. Just ordinary people. Having fun with learning by doing :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *